Selasa, 04 Juli 2017

Grogi dalam Public Speaking

Dalam beberapa kelas public speaking sering saya menemui permasalahan dari peserta, antara lain: grogi. Ini bisa bermacam-macam, dari mulai grogi awal ketika mau mulai tampil maju ke depan, kemudian grogi saat akan memulai bicara. Tahap selanjutnya adalah grogi ketika sudah lancar berbicara mendadak blank di tengah. Ini wajar, apalagi kalau Anda termasuk orang yang jarang tampil bicara di depan publik. Tetapi tenang, karena tak ada masalah yang tak bisa diselesaikan. Intinya selain memerlukan latihan yang cukup, Anda juga membutuhkan praktek untuk memperbaiki penampilan sepanjang hari.



Latihan ini kapan dilakukan? Sebagai seorang penyiar saya sangat beruntung karena saya selalu bisa latihan dan dibayar setiap hari. Hehe.... Bagi Anda, sebaiknya latihan tak perlu menunggu ada forum. Lakukan saja setiap hari dengan disiplin. Misalnya Anda mengalokasikan waktu 1 jam untuk latihan berbicara di depan cermin. Anda bisa merekam penampilan Anda dengan memakai kamera ponsel yang sederhana. Setelah itu Anda bisa lihat dan cek apakah ada yang kurang sempurna pada penampilan hari ini. Setelah itu ulangi lagi besok, demikian seterusnya sampai Anda merasa siap untuk tampil berbicara di depan publik.

Tahapan selanjutnya apabila Anda sudah siap, silahkan mencari komunitas atau forum. Bergabung dengan komunitas atau perkumpulan Anda akan memiliki ruang eksistensi. Ini penting karena di komunitas ini Anda akan mendapat evaluasi, kritikan, masukan dan sebangsanya. Jangan berkecil hati apabila pada penampilan awal Anda mendapat sorotan tajam dan kritikan pedas dari audience. Justru ini adalah titik tolak Anda menjadi lebih baik dan baik lagi. 

Di komunitas/ forum semacam ini apabila ada kesempatan bicara sebaiknya dimanfaatkan. Better take it than leave it. Karena semakin Anda sering tampil di depan publik, rasa grogi itu akan berubah menjadi candu. Alhasil Anda akan terbiasa tampil sehingga perasaan grogi itu sudah hilang dengan sendirinya. Itu sedikit sharing dari saya, semoga berhasil. Apabila membutuhkan sharing lain silahkan kontak saya di email: riryand@yahoo.com. 
Salam.

*Riri Novita-Public Speaking Specialist, Penyiar Radio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar