Minggu, 04 Maret 2012

bersikap biasa sajalah


Orang Jawa bilang; ojo getunan, ojo gumunan. Artinya Jangan mudah menyesal, jangan mudah keheranan. Karena sejatinya di dunia ini semua berjalan sudah sesuai pakem, ketentuan dari Tuhan Yang Maha Esa. Seyogyanya bersikaplah biasa saja, tak perlu berlebihan, supaya orang pun menilai anda baik, tidak terkesan pamer. Betul?

Saya tergelitik membahas ini karena mengamati beberapa status BBM teman yang kadang terkesan pamer, berlebihan, sedih, marah, dan sebagainya. Disadari atau tidak, status bisa membuat orang lain menilai anda salah, atau bisa jadi benar. Ya sebaiknya berpikir dahulu sebelum update status itu lebih baik. Memang sih kesannya jaga image, tetapi kalau itu baik dan wajar, kenapa tidak?

Contohnya ya, ada status BBM seorang teman yang begitu membanggakan suaminya. Ia begitu mencintai suami, seolah ia adalah harga mati bagi kehidupannya. Sekali diajak dinner di luar dalam suasana romantis, tak henti ia update foto dan status. Intinya menunjukkan ke semua orang, bahwa ia mendapat perlakuan istimewa dari sang suami. Lah.....saya kenal suaminya. Dan saya tau persis bagaimana kelakuan si suami ketika jauh dari istri. Mungkin sudah berkali-kali ia menjamu "teman perempuan" dalam suasana seperti itu. Tetapi sebaliknya, baru pertama kali itulah si istri mendapat perlakuan terbaik selama hidup, dari suami. Kalau keadaannya seperti ini apalah arti status BBM?

Saya nyinyir sekali hari ini. Ya karena memang kenyataannya seperti itu. Jadi menurut saya, bersikaplah biasa saja. Tak perlu pamer kebahagiaan, yang belum tentu asli. Bersyukur itu dengan perbuatan kok. Sebaliknya, membagi kasih dengan orang papa, itu lebih mulia. Dari pada show off dengan kata-kata, berkoar seolah suaminya adalah yang terbaik. Karena di situ justru menunjukkan bahwa ia lemah, ia bukan siapa-siapa tanpa suaminya. Padahal sejak lahir, kita pun dari sendiri bukan?

1 komentar:

  1. jujur.. its a nice posting, i think

    banyak banget hal terjadi seperti ini. bahkan teman sekantor ku pun , ada yg seperti itu, itu menurut ku berlebihan, bukan hal yg wajar, tapi semua itu menutupi kekurangannya, dimana kekurangan itu sangat vital, dan bnyak orang yang bertanya2 tentang diri dia. dlm kata yg lugas___ dia belum di karunia anak , padahal sudah menikah puluhan tahun, takut di sangka nggak bahadgia dengan keadaan ini, makan di tutupi nya dengan hal tersbut, like a status bbm yg over gitu "

    aku pikir, memang berlebihan jika harus pamer, tapi sifat pamer dan mengunggul kan diri itu selain dia kurang percaya diri, itu juga suatu "hal " bawan orok yang bisa saja karena faktor keturunan.


    balik-balik ke diri kita, mari mulai dengan kehidupan yang wajar tanpa harus membohongi diri dan bersifat OVER. ojo dumeh, ojo gumun, ojo ngarep, ojo serik, ojo ngapusi lan ojo lainnya yang positif untuk kehidupan dan di pandang positif juga

    nice posting....

    BalasHapus