Rabu, 18 April 2012

bisa karena biasa

Seringnya kita tak mengacuhkan peristiwa di sekitar. Dalam perjalanan ke kantor tadi saya melihat orang membuang sampah sembarangan dari mobil. Sering saya dongkol dengan kejadian seperti ini. Susah ya, orang berduit, tetapi etikanya tidak sesuai dengan apa yang dipunyai. Apa sulitnya sih menyediakan tempat sampah di mobil? Atau buang saja (sementara) itu sampah di dalam mobil sampai kemudian menemukan tempat sampah. Kalau tidak, bisa dong sampah dibuang sesampai di tujuan. Nah, saya hanya ngedumel dalam hati tanpa bertindak, menegur orang tersebut. Salah? Bisa jadi, bisa pula tidak, karena saya pikir sih ada pemakluman karena mobilnya melaju dengan kencang. Toh saya share melalui tulisan ini untuk curcol dengan Anda hehe.

Pernah sebelumnya saya dalam perjalanan Semarang-Yogyakarta. Di depan saya ada pengemudi mobil yang sontak membuang banyak sampah di jalanan sampai menghalangi pandangan mata. Karena waktu itu mobil berjalan pelan, saya dan teman seperjalanan saya mengejar mobil tersebut dan menegur sopirnya. Si pengemudi tampak terkejut kemudian meminta maaf dan menepi. Mungkin kaget, mungkin juga merasa bersalah, atau entahlah. Yang jelas, apa yang dilakukan teman saya tadi adalah benar. Paling tidak ia dan seisi mobilnya sadar bahwa apa yang telah dilakukannya itu salah.

Lalu, bagaimana kalau tak punya kemampuan untuk menegur? Karena menegur orang juga gampang-gampang susah. Kalau yang ditegur marah dan meraasa terganggu? Atau malah mengakibatkan masalah dan membuang waktu kita? Ya ya ... tentu ada cara lain. Adalah memulai semua dari diri sendiri. Betul?

Memulai dari diri sendiri membiasakan berbuat baik adalah hal yang paling bisa kita lakukan. Kita tidak bersinggungan dengan orang lain dan malah memberikan manfaat bagi lingkungan. Membuang sampah pada tempatnya, meminimalisasi penggunaan plastik dari rumah sendiri dan pribadi, membudayakan hidup bersih, dan banyak lagi yang bisa kita lakukan. Kalau kita terbiasa melakukan hal baik selanjutnya pasti akan bisa selalu berbuat kebaikan. Salam sore!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar