Rabu, 18 April 2012

kreatif karena kepepet

Tak sengaja ternyata judul tulisan ini menjadi 3K ya, kreatif karena kepepet. Ahaiy! Hayo siapa yang pernah menghadapi situasi seperti ini? Ada juga kata salah satu motivator, entah mengutip dari mana tentang The Power of Kepepet. Adalah di antara anda yang pernah mengalami hal ini. Betul?

Contoh saja, saya pernah kecapekan amat sangat dari suatu perjalanan luar kota. Sebelumnya saya sudah menelepon orang rumah supaya membuka gerbang sebelum jam kedatangan. Sesampai di rumah, alamakk....pintu gerbang masih terkunci dengan manisnya. Saya tidak membawa kunci rumah. Satu hal yang terbayang adalah saya akan memanjat tembok pagar setinggi 3 meter itu. Beberapa kali saya telepon rumah tak ada yang mengangkat. Maklum, satu-satunya penjaga rumah terkenal sulit dibangunkan oleh siapapun. Karena gondhok dan sudah tak ada pilihan lain, entah mendapat kekuatan dari mana akhirnya saya memanjat pagar itu. Berhasil!

Itu salah satu contoh ringan. Pada satu event, sering saya dihadapkan pada situasi tak terduga. Misalnya klien meminta ada perubahan konsep pada hari H, mendadak. Mau tak mau kita akan mengubah konsep dan segera mengkoordinasikannya dengan seluruh tim. Tak jarang kreativitas kita dituntut bermain pada kondisi seperti itu. Bagaimana memanfaatkan waktu, moment dan fasilitas pada satu waktu, segera, dan nyata. Wah! Karena terbiasa bekerja di inductri kreatif akhirnya semua berjalan lancar. Aman.

Kadang-kadang kita dipaksa menjadi kreatif karena suatu hal yang membuat kita terpaksa untuk melakukannya. Tetapi kalau itu positif, kenapa tidak? Dan kenapa hal ini tidak kita legalkan saja menjadi kebiasaan rutin? Wartawan dan orang yang bekerja di media dengan deadline per hari sangat dituntut melakukan hal ini. Meskipun kadang banyak ketidaksempurnaan di sana-sini, tetapi ini bagus, karena menjadikan kita selalu berpikir dan terus mengasah kreativitas. Kelemahannya tentu, tidak perfect, karena tuntutan waktu dan lain hal. Setidaknya dengan kepepet kita bisa lebih kreatif dibanding tidak sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar