Rabu, 18 April 2012

konsisten?

Ini pertanyaan yang sulit direalisasikan. Saya sendiri begitu sulit untuk konsisten dalam hal-hal tertentu. Misalnya dalam hal menulis. Dari dulu saya mencoba berulang mengatakan pada diri sendiri untuk selalu menulis, apapun bentuk tulisan itu, setiap hari melalui blog ini. Kenyataannya? Begitu sulit. Dan saya sering membayarnya dengan melembur sehari menulis beberapa kali. Hadeuhhh.....!

Demikian pula dalam berbagai petuah bisnis, kuncinya adalah konsisten. Saya berpikir benar sekali nasehat ini ya? Coba saja kalau kita telaten dalam berjualan dan fokus. Lama-lama orang akan kenal kita identik dengan hal tersebut. Tak kenal maka tak sayang. Orang butuh waktu untuk mengenal kita bukan? Kalau baru beberapa minggu kita sudah berganti bisnis, tentunya orang akan bingung, kok berubah-ubah? Kita dianggap tidak konsisten, dan costumer bingung. Oh no!

Dulu saya pernah membuat distro bersama teman saya, join bisnis. Karena sesuatu hal dan baru pertama dalam berbisnis, kami gamang kondisi lapangan, tidak konsisten. Akhirnya tak sabar, kami hanya bertahan sekitar setahun. Dan sekarang, lokasi bekas distro kami begitu ramai dan menjadi incaran banyak pebisnis kecil lainnya. Itulah impact dari ketidakkonsistenan kami. Dan itu cukup untuk menjadi pelajaran bagi saya dan teman. Sekarang saya banyak berteman dengabn para entrepreneur jago. Lagi-lagi nasehatnya sama; konsisten dan fokus. Baiklah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar