Rabu, 18 Januari 2012

Style


Apakah Anda termasuk orang yang memperhatikan "gaya"? Gaya dalam hal ini meliputi cara berpakaian, berbicara, menulis, makan, dan lainnya. Saya hanya ingin berpendapat saja untuk kasus ini. Menurut saya, 'gaya' itu salah satu hal penting yang bisa mencerminkan karakter seseorang. Maka tak heran kalau orang dengan sekian banyak pengalaman bisa berubah dalam hal 'gaya' ini.

Prie GS, seorang budayawan dan motivator dari Semarang, dalam paparannya, waktu saya mengikuti acara gathering salah satu perusahaan sebelumnya begitu kebingungan dalam menentukan cara berbusana, tiap ia diminta menjadi pembicara di depan ratusan karyawan perusahaan ternama. Ia merasa memakai apapun seolah tak pantas, membuatnya tak percaya diri. Sampai kemudian ia menemukan 'style' berbusana, yaitu batik atau segala baju berwarna hitam. Motivator lain, Kafi Kurnia si anti marketing merasa nyaman dengan memakai jeans dan t-shirt. Baginya 'style' seperti itu cukup membuatnya confident dan memiliki identitas. Dari beliau pulalah saya mendapat ilmu bahwa menentukan 'style' menjadi satu hal yang baik dan membuat harga jual kita menjadi meningkat.

Pada diskusi ringan dengan jurnalis dari luar negeri, saya mendapat pencerahan pula dalam hal ini. Ternyata di sana, training yang diberikan untuk jurnalis, dan merupakan hal penting adalah cara berbusana. Di Indonesia mungkin itu menjadi hal yang disepelekan, tetapi di luar, cara berpakaian bisa menentukan tingkat sosial, penghargaan terhadap lawan bicara, dan sudut pandang yang positif. Ia mengatakan bahwa cara berbusana jurnalis minimal harus sepadan dengan narasumber. Setingkat lebih tinggi, malah lebih baik.

Well, dalam lingkungan kerja pun, cara berbusana menjadi salah satu faktor seseorang itu mendapat penilaian cukup baik atau tidak. Even kita berseragam, menentukan 'gaya' sendiri menjadi salah satu indikasi seseorang itu 'berbeda', istimewa, tidak kreatif, atau biasa-biasa saja. paling tidak, dengan tampil bergaya, orang lebih dahulu akan memperhatikan kita dari pada orang lain bukan? So silahkan bergaya nyentrik, sopan, rapi, unik....create your own style.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar