Rabu, 15 Februari 2012

air di daun talas


Tahu kan ya air di daun talas jadinya seperti apa? Daunnya goyang ke kiri, ia akan ikut ke kiri, ke manapun. Tapi kalau daun talasnya dipotong, dikibaskan orang, ia bisa terlempar, luruh dalam bumi. Seperti orang pun begitu, apabila tak punya sikap, mengikuti kemauan orang, yang penting aman, bisa lebih celaka. Sia-sia bukan?

Di lingkungan pekerjaan dan pertemanan pun kita sering menjumpai model orang seperti itu. Ke mana boss bicara di situ ia akan berpihak, tak peduli benar atau salah, asal bapak (boss) senang. Dengan demikian ia selamat, aman sentausa. Coba bandingkan dengan karyawan yang punya ide-ide kreatif. Ia akan berani menyatakan pendapat apabila pimpinan melontarkan satu gagasan. Bahkan sekali waktu, ia berani menentang, memberikan masukan dengan ide baru dan inovatif. Ujungnya memang, untuk boss yang bertipe suka dipuji, karyawan tipe ini sangat beresiko. Tetapi karyawan tak pernah takut, karena ia yakin akan kemampuannya sendiri. Ia juga sangat mudah mendapat tawaran pekerjaan baru dan lebih menjanjikan prestise tersendiri. Sebaliknya, karyawan tipe asal bapak senang biasanya akan bertahan lebih lama di perusahaan tersebut, bisa jadi, karena ia tak bisa ke mana-mana. Istilah gaulnya tak bisa move on.

Kemudian dalam pertemanan. Wow, ada saja orang dengan tipe seperti ini. Di depan A dia bersikap baik, seolah A adalah teman terbaiknya, demi mendapat simpati atau sesuatu darinya. Di depan B ia bersikap baik, seolah B juga teman terbaiknnya. Tetapi pada nantinya ia akan melihat siapa yang paling menguntungkan, itu yang lebih akan dipilihnya sebagai teman. Lalu ia rela mengorbankan semua etika pertemanannya dengan B karena merasa aman dan mendapat banyak manfaat dari A. Pertanyaannya adalah, apakah berteman itu hanya diukur dari tingkat kemanfaatan saja untuk diri kita sendiri? Lalu bagaimana dengan teman kita itu? Apakah ia mendapat manfaat yang setimpal? Dengan mengiyakan apa keinginannya, benar atau salah, apakah itu bagus untuk seorang teman?

Hidup ini terlalu indah untuk hal-hal yang negatif. Yuk mari kita isi dengan sesuatu yang positif dan jujur. Juga dalam berteman dan bekerja, apapun itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar