Minggu, 19 Februari 2012

more than friendly


Tadi saya mengikuti acara dialog bertema pariwisata di salah satu hotel di Semarang. Topiknya tentang Visit Jateng Year 2012. Pada dialog tadi disebutkan bahwa tagline dari wisata Jawa Tengah untuk tahun ini adalah 'more than friendly'. Akademisi dari Unika (saya lupa namanya) memberikan slogan itu dengan alasan karena masyarakat Jateng mempunyai sifat dasar ramah, semanak, andhap asor, dan semacamnya. Awalnya penentuan slogan itu melalui perdebatan yang cukup panjang, dari different people, sampai akhirnya more than friendlylah yang diambil.

Teman saya, salah satu pegiat pariwisata sempat mention status saya di twitter. Menurutnya slogan itu kurang mengena, kurang mendifinisikan Jawa Tengah secara khusus. Artinya slogan itu terlalu umum. Iya juga sih. Sebelumnya kalau tidak salah, Semarang pernah punya tagline Semarang Pesona Asia. Ini juga masih memunculkan perdebatan, karena belum terlalu spesifik. Padahal, kalau ditilik dari potensi wisata yang ada di Jawa Tengah, ini luar biasa. Seyogyanya sih, pemerintah harus memikirkan tagline yang lebih dekat dengan masyarakat, dan memunculkan potensi dari lokasi wisata itu sendiri.

Pada dialog tersebut, dinas pariwisata Jawa Tengah juga menyadari bahwa promosi pariwisata masih perlu digencarkan lagi. Selain itu, tentunya dukungan dari masyarakat itu sendiri, untuk selalu bangga dan turut mengkampanyekan lokasi wisata lokal. Bagaimana mungkin orang lain mau datang ke tempat kita, kalau kita tidak mengenal potensi daerah kita? Siapa yang tak kenal dengan Borobudur? Karimun Jawa? Dataran tinggi Dieng? Ada goa Jatijajar, pantai ayah, candi gedong songo, curug sewu. Belum lagi potensi pengrajin handycraft dan kuliner di saentero Jawa Tengah. Begitu banyak bukan?

Beberapa infrastuktur juga masih perlu dibenahi, seperti bandara Ahmad Yani selaku pintu masuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain itu peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama yang bergerak dalam lingkup wisata. Komunikasi antarpihak pelaku wisata, di dalamnya tour travel, tour guide, perhotelan, dan lain-lain juga perlu ditingkatkan untuk menyukseskan Visit Jateng Year 2012 ini.

Ya apapun usaha itu, saya sebagai orang Jawa Tengah akan mencoba membantu sebisa mungkin. Yuk melancong ke Jawa Tengah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar