Minggu, 05 Agustus 2012

ikhlas itu adalah..

Tadi malam saya menonton tayangan program Mario Teguh The Golden Ways, salah satunya membahas tentang keikhlasan. Interesting. Kebetulan bulan puasa jadi lebih afdol rasanya. Meski dalam hal ini, keikhlasan bisa kita terapkan dalam berbagai hal.

Iya ya sering kita tidak mau bersabar menunggu keputusan dari Tuhan, penentuan tentang nasib kita, tentunya setelah usaha maksimal yang kita lakukan. Dalam doa kita protes kepada Tuhan, kenapa perjalanan ini demikian jauhnya dan belum juga berujung? Mengapa orang lain begitu mudah terlihat mendapat uang banyak, sementara kita berusaha setengah mati, dapatnya segitu-gitu saja. Alamak......sulitnya hidup ini. 

Banyak nasehat menyerukan kepada kita, sabar, ikhlas saja. Karena di balik kesabaran dan keikhlasan pasti ada hikmahnya. Contoh ketika kita dijambret, satu sisi memaki penjambret, tapi di sisi lain kita bersyukur, karena dengan kejadian seperti ini kita menjadi lebih bersemangat untuk mencari uang lebih banyak. Ponsel yang dirampas oleh jambret kita ikhlaskan dan berniat membeli yang lebih bagus lagi. Geram positif. Yes!

Kemudian kalau kita kembali ke akarnya, selama ini bukankah kita sudah ikhlas dan sabar? Ikhlas menerima ajaran agama, bahwa ada surga dan neraka, meski kita tak pernah bertemu dengan Tuhan kita? Toh, kita merelakan diri sembahyang lima kali sehari sebagai ibadah wajib, mengharapkan apa? Mengharapkan pahala dan ridlho dari Tuhan, yang kita yakini ada, meski belum pernah bertemu. Subhanallah......

Bahwa intinya ikhlas itu memang bisa kita lakukan asalkan dengan niat. Semoga kita bisa ikhlas dan tetap berusaha sembari menyerahkan semuanya pada keputusan Tuhan. Bismillah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar