Kamis, 02 Agustus 2012

mencari jawaban

Hidup itu mencari jawaban, bukan hanya menunggu. Jadi bergeraklah terus sampai kamu menemukan jawaban atas pertanyaan yang selama ini berkecamuk dalam pikiranmu. Ini kata Bang Jack, salah satu tokoh rekaan dalam sinetron serial Para Pencari Tuhan di salah satu televisi swasta. Nasehat ini disampaikan supaya Juki tidak larut dalam kesedihannya, karena ditinggal oleh pacar yang akan dinikahinya. Sekaligus motivasi untuk dirinya sendiri mengejar kekasih idaman, bu Widya. 

Ahaiy! Bener juga ya? Teman saya terjebak pada rutinitas, kantor-rumah, begitu sepanjang hari. Ia jarang hang out, ke luar rumah jalan-jalan, atau meluangkan waktu bertemu teman di luar, teman baru. Ia bercita-cita dipersunting laki-laki idaman, yang menurut saya sih terlalu ideal. Tapi silahkanlah, namanya juga mimpi, bebas. 

Saya pernah mengatakan padanya bahwa harus ada usaha untuk mewujudkan satu impian, tak hanya menunggu. Ia menjawab sudah berusaha dengan doa. Helloo...di luaran sana begitu banyak orang yang bersusah payah bekerja keras mencari impian, dengan segenap usaha dan doa. Tentunya dong tahu siapa yang akan mendapat keberkahan duluan? Ya mungkin ia memiliki tingkat kesabaran dewa. Tahu dong jaman brahmana bertapa kan selalu diam, tirakat. Ia menunggu hidayah. Bahkan lapar dan dahaga pun tak ia pedulikan, ia menunggu burung yang lewat menjatuhkan makanan ke mulutnya. Ya nantinya akan seperti itu bukan? Ini analog saja sih. Benar atau tidaknya, wallahu alam. 

Yang pasti kita jangan putus berusaha saja. Insya Allah semua akan mendapat jawaban, lambat atau cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar