Minggu, 05 Agustus 2012

snack jadoel

Beberapa hari lalu saya niatnya sih tidak wisata kuliner, mau mengambil kiriman paket dari klien. Lah, malah di depan kantor ada tempat kuliner yang menggoda lidah. Akhirnya saya bersama seorang teman mampirlah mencoba mencicipi aneka snack dan makanan jaman dulu (jadoel) di kompleks pecinan, Semarang. Tempatnya sederhana, bersih, dengan pajangan makanan yang menggugah selera. Selain itu harga makanannya pun terjangkau kantong saya. Ini yang penting haha..

Saya memilih snack jaman dulu, kalau di daerah saya biasa dinamai gemblong atau jadah. Di Solo makanan ini disebut apolo, karena bentuknya bulat, menyerupai apolo. Karena disajikannya pada masa sekarang apolo ini diberi sentuhan cokelat disiram di atasnya menyerupai lava. Rasanya? Seperti jadah dengan kombinasi cokelat tentunya. Lumayan untuk mengobati masa kangen jaman kecil dan juga suasana pedesaan. 

Di situ juga menyediakan minuman jaman dulu, sarsaparila, asal Jogjakarta. Minuman jenis limun ini tradisional dan enak diminum dengan es batu. Bentuk botolnya khas, kecil, unik, lucu. Aneka minuman jawa lain juga tersedia seperti beras kencur, gula asam, teh tubruk, wedang tape, secang, sekoteng, dan macam-macam lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar