Kamis, 04 Oktober 2012

Inspiratif, Etis



Judul Program: Kain Ihram
Stasiun Penayang: Trans 7
Hari Penayangan: Jumat, 10 Agustus 2012
Waktu: 16.00-16.30
Durasi : 10.04 menit
Materi iklan -
Pemain/ tokoh utama: Ahmad Husein Agiya

Kain Ihram disiarkan pada waktu aman dan semua orang bisa menontonnya baik itu remaja, anak-anak maupun dewasa. Secara keseluruhan program ini cukup bagus dan mendidik. Program disajikan dalam bentuk semi features dengan visualisasi yang didramatisasi untuk membuat nuansa cerita hidup dan menyentuh sesuai alur cerita. Selain itu kain Ihram sangat pas ditayangkan menjelang orang menunggu berbuka puasa. Selain ceritanya yang menginspirasi dan humanis, sajiannya cukup ringan dan bisa diikuti semua kalangan.

Fokus cerita pada tayangan ini hanya ke satu orang yang bercita-cita ingin naik haji tetapi belum punya cukup biaya, hingga akhirnya tim dari program Kain Ihram menghadiahi beliau ke tanah suci. Sepanjang hidupnya ia mengabdi kepada masyarakat dengan memberikan pelajaran mengaji dan hal-hal religi lainnya. Ia tak putus asa melakukan semua itu meski tanpa bayaran, hingga akhirnya semua terbayar dengan pergi ke tanah suci secara gratis.

Cerita mengalir dari pelaku utama kesusahan hingga akhirnya melakukan perjalanan ke tanah suci Mekkah. Ada kode etik yang dipakai pada program ini, misalnya pada waktu ada tayangan makan pun diberi keterangan tulisan bahwa program tersebut dibuat pada waktu sebelum puasa. Hal ini karena program ditayangkan pada waktu bulan puasa, sehingga sangat memenuhi kaidah penyiaran. Dari sisi inspirasi, pesan moral, dan wisata religi, pada tayangan ini bisa dikatakan bagus. Beberapa petikan lafaz ayat dalam alqur’an pun disajikan sebagai pemenuhan unsur religi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar