Kamis, 19 Juli 2012

puasa hari pertama

Jumat, 20 Juli 2012. Sebagian umat Islam menunaikan ibadah puasa pertama hari ini. Saya ngikut ketentuan pemerintah, besok baru mulai puasa. Semua seolah terbawa suasana ya, mendadak religius. Asal semua dilakukan dari hati tidak masalah, jangan latah saja. Avatar di lis BBM langsung pada diganti menjadi berkerudung dan bersarung. Hehe...biar lebih afdol katanya.

Beberapa kantor menerapkan aturan jam pulang lebih awal. Kantor teman saya biasa masuk pukul 09.00-17.00, diubah menjadi mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Akibatnya apa? Sudah bisa dipastikan arus kemacetan menjadi bergeser pada jam itu. Ini penting buat saya yang saban harinya melewati jalur padat dan rawan kemacetan lalu lintas. Kadang karakteristik orang ingin buka puasa di rumah juga beragam, ada yang buru-buru, sehingga ngebut, mengabaikan pengguna jalan lain. Padahal puasa kan?

Kemudian pemandangan di sepanjang perjalanan pulang adalah di sana-sini penjaja makanan menawarkan dagangan; takjil buka puasa. Variannya itu-itu jua; kolak, buah, sayur segar, cemilan, dan sebagainya. Seru sih. Tapi ya itu, menuh-menuhin jalan. Membuat kemacetan makin parah. Beberapa pengguna jalan kadang berhenti sembarangan untuk membeli jajanan itu. Ya wajar, mereka merasakan nuansa seperti itu hanya setahun sekali, sayang kalau dilewatkan. Meski rasa masakannya, tak lebih enak dari masakan rumah, karena kebanyakan sang penjaja adalah mahasiswa yang mencari tambahan uang saku, sehingga masaknya pun ala kadar.

Selamat menjalankan puasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar